Danur’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Writing Training Berbasis Multimedia Internet Education Melalui Media Blog Untuk Meningkatkan Budaya Menulis Anak SMA di Sidoarjo

Ada dua jenis kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap manusia yaitu hardskill dan softskill. Hardskill adalah kemampuan seseorang terhadap ilmu (teori), biasanya aplikasi dari kemampuan ini berupa penjelasan ilmu atau kemampuan daya nalar terhadap sesuatu. Kemampuan hardskill dapat dilihat dari hasil raport siswa per semester ataupun IPK mahasiswa. Sedangkan softskill merupakan kemampuan di luar teknis dan akademis, dan lebih mengutamakan kemampuan intrapersonal dan interpersonal. Kemampuan softskill seseorang dapat dilihat dari bagaimana mereka bersosialisasi dan berelasi dengan orang lain. Di dunia kerja hardskill hanya memberikan 20% dari kesuksesan selebihnya adalah softskill.

Keadaan ini bertolak belakang dengan kondisi pendidikan formal di Indonesia yang pada kenyataannya lebih menekankan pada hardskill. Menurut Pramono (2004), 72% proses pendidikan yang ada di Indonesia lebih menitikberatkan pada kemampuan hardskill. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia yang pada tahun 2007 berada di urutan 107 dari 177 negara di dunia (UNDP,2007) salah satu sebabnya karena rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran bahasa indonesia.

Dewasa ini, Kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan bagi kehidupan manusia. Kini manusia dapat berkomunikasi lebih efisien meskipun terpisahkan oleh jarak yang jauh. Hadirnya alat komunikasi seperti telepon genggam, maupun akses internet memberikan berbagai kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. kemudahan ini pun membuat orang-orang membentuk komunitas sosial lewat jejaring seperti twitter, facebook, blog, yahoo group dan lain-lain. Mereka tergabung dalam suatu kelompok yang memiliki kesamaan dalam background, asal, hobi, pekerjaan, alumni kuliah dan lain-lain. Dalam suatu jejaring mereka saling berbagi informasi dan menambah teman.

Belakangan ini telah banyak domain-domain yang memberikan layanan dalam bidang pembuatan blog. Domain tersebut antara lain wordpress dan multiply. Domain tersebut masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan, namun pada dasarnya layanan tersebut telah menjamur diseluruh lapisan masyarakat di dunia. Mereka umumnya menggunakannya untuk mempublikasikan tulisan buatannya sendiri maupun tulisan yang disadur dari website lain. Selain dapat mempublikasikan tulisan, kita juga dapat melihat tulisan orang lain di blog, serta memberi komentar terhadap tulisan yang dimuat.

Salah satu hal  yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran bahasa indonesia karena dinilai pelajaran bahasa indonesia tidak dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka diambil langkah bijak yaitu menambahkan kurikulum yang ada agar dapat mendekatkan interaksi siswa dengan kemajuan teknologi, seperti penggunaan blog untuk publikasi tugas artikel bahasa indonesia. Melalui media ini, anak-anak secara tidak langsung dapat belajar bahasa indonesia, memanfaatkan kemajuan teknologi serta menambah relasi di dunia maya.

Berdasarkan penelitian seorang psikolog yang bernama Nielsen (2000), mengenai manfaat yang didapat dari menulis adalah untuk menghilangkan stress, tempat mengumpulkan inspirasi dan sebagai alat penyimpan informasi. Hal ini bisa dimengerti karena dengan menulis kita bisa mencurahkan perasaan kita tanpa takut diketahui orang lain. Tidak semua orang bisa dengan mudah menceritakan masalahnya pada orang lain. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh watak masing-masing orang. Pembagian kepribadian secara tradisional kita kenal ada dua, yaitu introvert dan ekstrovert. Introvert adalah orang yang memiliki tipe kepribadian tertutup, sedangkan ekstrovert adalah orang yang mempunyai kepribadian terbuka. Orang introvert tentu mengalami kesulitan dalam berbicara pada orang lain. Ini tentu saja mendatangkan kesulitan bagi orang introvert saat harus menyelesaikan masalahnya. Menulis juga dapat menjadi tempat untuk mempublikasikan berbagai ide yang muncul supaya memudahkan kita dalam menemukan solusi baru yang lebih efektif dalam menyelesaikan sebuah masalah dan sumber inspirasi bagi pemunculan ide-ide baru.

Berbagai upaya preventif harus segera dilakukan untuk meningkatkan kualitas softskill dan hardskill SDM Indonesia dengan memaksimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi bagi generasi muda. Salah satu bentuk upaya tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan wawasan dan kesadaran publik terkait pentingnya softskill dan pemanfaatan teknologi untuk menumbuhkan minat menulis sehingga menjadi bagian budaya dari generasi muda. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan penyuluhan kepada seluruh pihak, termasuk kepada anak-anak yang merupakan aset bangsa dan negara.

Sedangkan manfaat yang bisa diperoleh bagi para blogger diantaranya adalah digunakan sebagai sarana untuk menjalin dan memperbanyak teman / relasi / persahabatan, tempat untuk proses pembelajaran dan berlatih menulis, tempat untuk tempat berbagi, dan tempat untuk mencari tambahan penghasilan. Bila dilihat dari manfaatnya maka menulis melalui media blog dapat merangsang perkembangan hardskill maupun softskill peserta didik, sekaligus meningkatkan kemandirian ekonomi mereka.

Menurut Mayer (2001) seorang anak siswa yang belajar dengan memanfaatkan penglihatan, pendengaran, dan pemahaman akan lebih mudah untuk memahami sesuatu. Berdasarkan teori tersebut, metode yang tepat untuk mengembangkan softskill dan hardskill kepada siswa SMA adalah dengan mengadakan training secara rutin. Tujuan lain digunakannya blog adalah menumbuhkan rasa percaya diri terhadap karyanya dan memudahkan dalam mempublikasikan karya.

May 17, 2010 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: