Danur’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Pepes Jamur Sebagai Akulturasi Bumbu Tradisional dengan Pangan Alternatif Masa Depan

Bahan nabati yang belum diolah lebih lanjut sebagai makanan tardisional di pasaran adalah jamur tiram. Sebagian besar masyarakat enggan menggunakan bahan makanan tersebut, karena beberapa faktor yang menjadi penyebabnya yaitu ketidaktahuan cara mengolah bahan makanan tersebut. Selain itu ditakutkan jika salah dalam mengolah, jamur tersebut menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh. Jamur tiram memiliki kandungan protein yang tinggi dan mengandung kolesterol yang rendah. Di samping itu, panganan yang dikabarkan sebagai panganan alternatif masa depan ini tergolong cepat dan mudah dalam pembudidayaannya.

Jamur Tiram merupakan jamur yang dapat tumbuh di tempat yang dingin sehingga di Jawa Timur banyak dibudidayakan di daerah Malang, Pasuruan dan Mojokerto. Jamur Tiram memiliki kandungan protein yang tinggi. Jamur tersebut memiliki tekstur yang kenyal yang menyerupai daging ayam, dan rasa yang netral. Melihat semua kelebihan dari Jamur Tiram, maka jamur ini memiliki potensi untuk diolah lebih lanjut bersama dengan bumbu tradisional nusantara dengan pertimbangan tidak sulit untuk menciptakan rasa baru dari rasa dasarnya yang netral. Olah karena itu kami menginisiatifkan untuk mengolah jamur tiram dengan bumbu pepes.

Pepes merupakan makanan yang tergolong memiliki bumbu khas. Adapun bumbu pepes terdiri dari: cabe besar, cabe rawit, kemiri, bawang merah, bawang putih, santan, asem, dan empon-empon. Makanan tradisional ini untuk pengolahannya perlu dikukus dalam waktu yang lama. Selain itu pepes biasanya dikemas dengan daun pisang. Biasanya bahan dasar yang digunakan adalah ikan.

Bila panganan yang berbahan baku jamur ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pepes tentunya dengan bumbu dan pengolahan yang telah disesuaikan dengan karakter bahan dasarnya, jamur tiram. Makanan yang kami sebut ” Pepes Jamur Ma’nyus” ini memiliki potensi yang besar untuk bersaing di pasar Surabaya dan sekitar

October 25, 2009 - Posted by | Uncategorized

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: